Oleh: ALIBORON | 29 November 2010

Gerhana Bulan Total Akhir Tahun 2010

Oleh: Akhmad Syaikhu
Pencinta Kajian Falak  dan Astronomi

Fenomena astronomi berupa gerhana bulan total (total lunar eclipse) akan terjadi di akhir tahun ini tepatnya tanggal 21 Desember 2010. Ini adalah gerhana bulan kedua yang terjadi di tahun 2010 setelah gerhana bulan parsial pada tanggal 26 Juni 2010 yang lalu.
Mengapa Gerhana Bulan Terjadi ?
Gerhana bulan terjadi bila sebagian atau seluruh bagian bulan melintasi bayangan bumi.  Saat itu posisi bumi di antara matahari dan bulan dan ketiga benda langit tersebut berada dalam satu garis lurus, akibatnya sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi. Dengan kata lain gerhana bulan terjadi ketika bulan beroposisi dengan matahari. Gerhana bulan terjadi pada saat full moon atau bulan purnama, namun tidak setiap bulan purnama akan menimbulkan gerhana bulan. Hal ini disebabkan karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sehingga tidak setiap oposisi bulan dan matahari akan menimbulkan gerhana.Dalam geometri dasar sebuah gerhana bulan, bayangan bumi terbagi menjadi dua bagian, umbra, yang merupakan bayangan gelap bagian dalam, dan penumbra, yang merupakan bayangan luar redup. Dalam jangka waktu setahun, dua sampai empat kali bulan melewati bayangan penumbra dan umbra bumi yang mengakibatkan salah satu dari tiga jenis gerhana bulan berikut:

1. Gerhana Bulan Penumbra.
Terjadi ketika bulan melewati ke bayangan penumbra bumi.  Jenis Gerhana ini sekitar 35 persen  dari semua gerhana bulan yang terjadi. Penampakan gerhana di bulan selama fase ini sangat halus dan sulit untuk mengamati.
2. Gerhana Bulan Sebagian
Gerhana bulan sebagian terjadi  ketika sebagian Bulan melintasi bayangan umbra bumi. Jenis Gerhana ini sekitar 30 persen dari semua Gerhana Bulan yang terjadi. Selama fase ini, sebagian dari bulan  masuk ke bayangan umbra bumi. 3. Gerhana Bulan Total Gerhana bulan total terjadi ketika seluruh bagian bulan melewati bayangan umbral bumi. Gerhana bulan total terjadi 35 persen dari seluruh gerhana bulan yang terjadi. Ini adalah jenis gerhana bulan yang paling menarik, karena selama gerhana total perubahan warna bulan mencolok. Sinar matahari yang tersebar melalui atmopshere bumi menyaring sebagian besar cahaya biru, membuat cahaya bulan yang tersisa dalam nuansa merah, orange, kuning dan coklat – tergantung pada banyaknya debu dan abu vulkanik di atmosfer bumi. Gerhana bulan total dimulai dengan penumbra, diikuti oleh gerhana sebagian dan kemudian gerhana total, selanjutnya gernaha sebagian dilanjutkan dengan penumbra dan setelah itu gerhana selesai.Seluruh gerhana bulan aman untuk diamati tanpa menggunakan filter atau dengan mata telanjang.
Kapan dan dimana gerhana bulan total 21 Desember dapat diamati?
Gerhana bulan total pada 21 Desember 2010 akan terlihat di kawasan Amerika Utara dan Selatan, dan akan terus berlangsung hingga bulan terbit di Australia, Selandia Baru dan Asia-Timur. Gerhana akan  terlihat pada saat bulan tenggelam di hampir seluruh kawasan erofa dan Afrika, namun tidak akan terlihat di kawasan Afrika Selatan dan Timur, Timur Tengah atau Asia Selatan. Untuk Australia dan Selandia Baru, gerhana akan berlangsung selama bulan terbit (setelah matahari terbenam pada 21 Desember). Secara Umum semakin ke Timur dari titik pengamatan semakin panjang waktu gerhana dapat terlihat. Sebaliknya makin ke Barat dari autralia, akan semakin pendek.Untuk Indonesia, dari Den Pasar fase-fase gerhana adalah sebagai berikut: penumbra dimulai pukul 16:29 saat ketinggian bulan -66° di bawah ufuk; gerhana sebagian  pukul 14:33 saat ketinggian bulan -54°; pusat gerhana pukul 16:17  saat ketinggian bulan -32°; akhir gerhana sebagian pukul 18:01  pada saat bulan ketinggian -9°; dan penumbra berakhir  19:04 saat ketinggian bulan -5°. Data ini menggambarkan bahwa gerhana bulan total hampir tidak dapat disaksikan dari seluruh kawasan Indonesia kecuali yang berpeluang adalah wilayah paling timur Irian Jaya, itu pun hanya sebentar. Sebab tidak lama setelah bulan terbit di wilayah paling timur Indonesia, gerhana total Bulan sudah berakhir.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: