Oleh: ALIBORON | 22 April 2011

Fenomena Alam: HALO MATAHARI DI KOTA TANJUNG-TABALONG

Oleh : Akhmad Syaikhu

Hari ini Masyarakat Tanjung-Tabalong menyaksikan fenomena menarik yang disebut “Halo Matahari”. Halo Matahari adalah sebuah peristiwa optik di angkasa, yaitu pembiasan (refraksi), pemantulan (refleksi), dan penguraian (dispersi) cahaya matahari oleh uap air atau kristal es pada awan sirrus. Jika dilihat dari sudut yang tepat akan menimbulkan efek lingkaran cincin berwarna pelangi yang mengitari matahari.
Seorang teman dari kota kelahiran saya di Tanjung mengirimkan gambar di bawah. Gambar ini diambil dengan kamera sederhana saat lingkaran cincin yang disebut HALO melingkari matahari hari ini Rabu, 13 April 2011. Fenomena ini cukup menarik perhatian masyarakat.
Mitos Halo
Sebagian masyakarat memang ada yang mengaitkan fenomena Halo ini sebagai pertanda musibah besar akan terjadi. Fenomena Gempa di Padang misalnya, sempat dihubungkan dengan peristiwa Halo Matahari. Gempa dengan kekuatan 7,2 skala richter (SR) didahului oleh adanya Halo ini pada tanggal 21/10/2010 jam 10.30 WIB, empat hari kemudian pada tanggal 25/10/2010 terjadi peristiwa yang melantakkan Kabupaten Mentawai.
Halo sesungguhnya bukanlah pertanda apa-apa kecuali sebagai fenomena alam tanda kebesaran Sang Pencipta, hampir sama seperti peristiwa terbentuknya pelangi. Pandangan-pandangan bersifat spekulatif seperti disebutkan di atas dapat saja muncul karena umumnya masyarakat belum mengetahui mengapa fenomena alam itu terjadi.

Gambar 3. Foto Halo Matahari yang diambil dari Kota Tanjung sekitar pukul 11.30 Wita hari ini
Di dalam teori tentang kemunculan mitos, mitos antara lain disebabkan adanya fenomena alam yang belum dapat dipahami secara ilmiah, sehingga muncul pandangan spekulatif sebagai jawaban sementara yang meraba-raba, tidak didasarkan pada ilmu pengetahuan namun diyakini. Mitos ini lambat laut akan hilang jika telah ditemukan penjelasan ilmiah atas peristiwa, sehingga posisi mitos untuk menjelaskan fenomena alam tersebut digantikan oleh ilmu pengetahuan. Mitos yang berakar akan membelenggu kita dengan kepercayaan yang tidak berdasar, di sini ilmu pengetahuan berperan memberikan pencerahan untuk bebas dari bentuk-bentuk keyakinan demikian.
Halo adalah Peristiwa Optik di Angkasa
Kembali pada masalah HALO Matahari. Masyarakat tidak perlu resah dengan menyaksikan fenomena tersebut. Halo adalah sebuah fenomena optik di angkasa yang menampilkan lingkaran berbentuk cincin di sekeliling sumber cahaya. Peristiwa ini biasa terjadi saat bulan purnama atau matahari terang di siang hari. Fenomena ini seringkali terjadi. Halo terbentuk disebabkan efek dari sinar matahari terhadap kristal-kristal es di awan yang menyebabkan terjadinya pembiasan sinar sehingga menimbulkan efek lingkaran pelangi disekeliling matahari. Kristal-kristal es di awan pada strata trofosfer (antara 5-10 km dari permukaan bumi) merefleksi dan merefraksi cahaya matahari atau bulan sehingga terbentuk lingkaran Halo.
Efek halo sendiri jika dilihat dari berbagai dokumentasi foto bervariasi, ada yang berbentuk lingkaran tidak berwarna, namun ada juga efek halo yang memunculkan warna pelangi. Ketika kristal es di awan sirrus hanya merefleksikan (memantulan arah rambat cahaya) dan merefraksikan (membiaskan atau merubah arah rambat) cahaya matahari, biasanya halo yang terbentuk tidak berwarna. Tetapi pada sudut yang tepat dapat juga terjadi dispersi, yaitu peristiwa penguraian cahaya polikromarik (putih) menjadi cahaya-cahaya monokromatik (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nilam, ungu) pada prisma lewat pembiasan sehingga cincin yang terbentuk juga berwarna seperti pelangi.Fenomena alam seperti ini sering dan lumrah terjadi, dengan demikian ia dapat dijelaskan semata mata sebuah peristiwa optik di angkasa tidak ada kaitan dengan peristiwa gempa, tsunami atau bencana lainnya. Namun patut kita renungi, mungkin dengan peristiwa-peristiwa alam seperti ini Allah sedang menarik perhatian kita agar memperhatikan tanda-tanda kebesaran-Nya agar kita berpikir, merenung sehingga menghantarkan kita tunduk padaNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: