Oleh: ALIBORON | 22 April 2011

HIKMAH: Alquran dan Alam Semesta

Akhmad Syaikhu

ولبثوا في كهفهم ثلث مئة سنين وازدادوا تسعا
Dan mereka tinggal di dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi)“.

Ini adalah Alquran surah Al-Kahfi ayat 11, yang menceritakan tentang para pemuda yang tertidur di dalam goa selama ratusan tahun. Dalam redaksi ayat di atas Allah menyebutkan waktu dalam dua frase , yaitu 300 tahun dan ditambah 9 tahun. Mengapa Allah tidak menyebutnya dalam satu frase saja misalnya dengan ungkapan 309 tahun. Rahasia apa dibalik pengungkapan ini? Fenomena apa yang terkait dengan waktu 300 dan 309 tahun ini? Tidaklah mungkin tanpa makna apa-apa.
Salah satu yang bisa diungkapkan adalah terkait dengan sistem kalender. Kita mengenal adanya sistem kalender matahari (solar system) dan sistem kalender rembulan (lunar system). Sistem kalender matahari disebut juga kalender syamsiyah adalah bertumpu pada revolusi bumi mengelilingi matahari yang menghabiskan waktu selama 365 hari 5 jam 48 menit 46 detik atau 365,2422 hari. Sedangkan Kalender Rembulan yang disebut juga dengan kalender qamariyah bertumpu pada revolusi bulan mengitari bumi selama 29 hari 12 Jam 44 menit 3 detik atau 354,3672 hari. Perbandingan hari di antara kedua sistem kalender ini adalah 354,3672 / 365,2422 = 0.97022. Besaran angka ini dapat dikatakan sama dengan perbandingan angka yang disebut dalam surat Al-Kahfi ayat 11 di atas, yaitu 300/309 = 0.97087.
Hikmah:
Dalam ayat di atas tampaknya secara simbolik Allah berbicara tentang sistem kalender matahari dan sistem kalender rembulan. Dengan perbandingan nilai yang relatif sama menunjukkan jumlah hari dalam kedua sistem kalender yang berlaku saat ini telah mendekati sebuah kebenaran.

Oleh: Akhmad Syaikhu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: